Dinas Perumahan Rakyat

Dan Kawasan Permukiman

Provinsi Jawa Tengah

Progress Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP Sebagai Terobosan Pelayanan Terpadu Bagi Masyarakat

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah bersama Tim Konsultan Penyusun saat ini sedang menggarap Pekerjaan Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP yang merupakan sistem pelayanan terintegrasi dari hulu sampai hilir dalam penyelenggaraan PKP yang menjadi sarana akselerasi capaian rumah layak huni di Provinsi Jawa Tengah. Sasaran dari Klinik PKP adalah masyarakat dapat mengakses pelayanan di bidang perumahan dan kawasan permukiman, serta pertanahan secara cepat dan mudah, serta mendekatkan masyarakat dengan stakeholders penggerak dan penyedia perumahan untuk mendapatkan kesempatan akses rumah layak huni yang lebih besar. Oleh karena itu, Klinik PKP dibangun dengan berbasis pada sistem android.

Telah dilaksanakan Pembahasan Laporan Pendahuluan Pekerjaan Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP pada Senin, 10 Mei 2021 secara luring di Ruang Rapat Lantai III DISPERAKIM Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri oleh Kepala Dinas beserta Para Kasie dan Staf Teknis yang mewakili dari setiap bidang. Dari pembahasan tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan penjaringan masukan secara lebih rinci kepada bidang-bidang di internal DISPERAKIM terkait dengan substansi teknis bidang yang dapat menjadi masukan dalam Klinik PKP. Selain itu, juga dilakukan penjaringan masukan kepada instansi terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, instansi Pemerintah Pusat terkait, serta stakeholders eksternal seperti asosiasi pengembang, dan lembaga keuangan yang telah dilaksanakan pada Senin, 21 Juni 2021.

Hasil dari masukan tersebut kemudian menjadi rekomendasi dan dilakukan pembahasan kembali pada Senin, 12 Juli 2021 dan Jumat, 16 Juli 2021 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Keterpaduan PKP bersama Tim Konsultan Penyusun dan tim teknis Bidang Keterpaduan. Setelah melalui beberapa proses pembahasan, saat ini pembangunan aplikasi Klinik PKP sudah berjalan 80% dengan fitur dan tampilan yang telah disesuaikan untuk mengakomodir kemudahan akses bagi calon pengguna Klinik PKP, antara lain : laman beranda, laman login user, pameran virtual, forum, dan menu-menu terkait dengan urusan perumahan, kawasan permukiman, dan pertanahan. Klinik PKP saat ini juga dirancang untuk mewadahi laporan/ aduan permasalahan PKP dari masyarakat dalam forum yang akan ditampilkan dengan fitur chatting. Selain itu, dalam Klinik PKP juga terdapat bursa rumah yang nantinya akan mewadahi informasi penjualan perumahan oleh pengembang beserta informasi kredit yang ditawarkan dari perbankan, sehingga masyarakat yang membutuhkan rumah dapat mencari rumah idamannya melalui bursa rumah dalam Klinik PKP tersebut.

Hal-hal tersebut diatas telah disampaikan pada Rapat Pembahasan Laporan Antara Pekerjaan Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP pada Jumat, 30 Juli 2021 secara daring dan luring terbatas di Ruang Rapat Bidang Keterpaduan DISPERAKIM Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri oleh Kepala Bidang Keterpaduan PKP beserta Kasie Keterpaduan Infrastruktur dan Staf Teknis Bidang. Selanjutnya, akan dilakukan rapat pembahasan dengan Kepala Dinas dan Para Kepala Bidang di internal DISPERAKIM Provinsi Jawa Tengah untuk mencermati kembali dan memberikan masukan terhadap substansi teknis bidang yang telah diakomodir dalam Klinik PKP sejauh ini sebagai pertimbangan terakhir sebelum dilakukan launching aplikasi. Selain itu, sedang disiapkan pula SOP Pengelolaan Klinik PKP beserta personil yang ditugaskan dalam pengelolaannya.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah bersama Tim Konsultan Penyusun saat ini sedang menggarap Pekerjaan Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP yang merupakan sistem pelayanan terintegrasi dari hulu sampai hilir dalam penyelenggaraan PKP yang menjadi sarana akselerasi capaian rumah layak huni di Provinsi Jawa Tengah. Sasaran dari Klinik PKP adalah masyarakat dapat mengakses pelayanan di bidang perumahan dan kawasan permukiman, serta pertanahan secara cepat dan mudah, serta mendekatkan masyarakat dengan stakeholders penggerak dan penyedia perumahan untuk mendapatkan kesempatan akses rumah layak huni yang lebih besar. Oleh karena itu, Klinik PKP dibangun dengan berbasis pada sistem android.

Telah dilaksanakan Pembahasan Laporan Pendahuluan Pekerjaan Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP pada Senin, 10 Mei 2021 secara luring di Ruang Rapat Lantai III DISPERAKIM Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri oleh Kepala Dinas beserta Para Kasie dan Staf Teknis yang mewakili dari setiap bidang. Dari pembahasan tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan penjaringan masukan secara lebih rinci kepada bidang-bidang di internal DISPERAKIM terkait dengan substansi teknis bidang yang dapat menjadi masukan dalam Klinik PKP. Selain itu, juga dilakukan penjaringan masukan kepada instansi terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, instansi Pemerintah Pusat terkait, serta stakeholders eksternal seperti asosiasi pengembang, dan lembaga keuangan yang telah dilaksanakan pada Senin, 21 Juni 2021.

Hasil dari masukan tersebut kemudian menjadi rekomendasi dan dilakukan pembahasan kembali pada Senin, 12 Juli 2021 dan Jumat, 16 Juli 2021 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Keterpaduan PKP bersama Tim Konsultan Penyusun dan tim teknis Bidang Keterpaduan. Setelah melalui beberapa proses pembahasan, saat ini pembangunan aplikasi Klinik PKP sudah berjalan 80% dengan fitur dan tampilan yang telah disesuaikan untuk mengakomodir kemudahan akses bagi calon pengguna Klinik PKP, antara lain : laman beranda, laman login user, pameran virtual, forum, dan menu-menu terkait dengan urusan perumahan, kawasan permukiman, dan pertanahan. Klinik PKP saat ini juga dirancang untuk mewadahi laporan/ aduan permasalahan PKP dari masyarakat dalam forum yang akan ditampilkan dengan fitur chatting. Selain itu, dalam Klinik PKP juga terdapat bursa rumah yang nantinya akan mewadahi informasi penjualan perumahan oleh pengembang beserta informasi kredit yang ditawarkan dari perbankan, sehingga masyarakat yang membutuhkan rumah dapat mencari rumah idamannya melalui bursa rumah dalam Klinik PKP tersebut.

Hal-hal tersebut diatas telah disampaikan pada Rapat Pembahasan Laporan Antara Pekerjaan Penyusunan Rencana Pengelolaan Klinik PKP pada Jumat, 30 Juli 2021 secara daring dan luring terbatas di Ruang Rapat Bidang Keterpaduan DISPERAKIM Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri oleh Kepala Bidang Keterpaduan PKP beserta Kasie Keterpaduan Infrastruktur dan Staf Teknis Bidang. Selanjutnya, akan dilakukan rapat pembahasan dengan Kepala Dinas dan Para Kepala Bidang di internal DISPERAKIM Provinsi Jawa Tengah untuk mencermati kembali dan memberikan masukan terhadap substansi teknis bidang yang telah diakomodir dalam Klinik PKP sejauh ini sebagai pertimbangan terakhir sebelum dilakukan launching aplikasi. Selain itu, sedang disiapkan pula SOP Pengelolaan Klinik PKP beserta personil yang ditugaskan dalam pengelolaannya.